Laboratorium Jalan Raya

Skema : Pelaksana Pemeliharaan Jalan

Laboratorium merupakan fasilitas penunjang yang digunakan untuk kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Salah satu bentuk pengajaran dilakukan dalam bentuk praktikum mata kuliah dan penelitian mahasiswa untuk keperluan Tugas Akhir. Sedangkan pemanfaatan laboratorium untuk penelitian dan pengabdian masyarakat dilakukan oleh dosen untuk mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Disamping itu, laboratorium juga dimanfaatkan untuk menjalin kerjasama dengan pihak luar.
Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Purwokerto telah memiliki Labora-torium Bahan Konstruksi, Labora-torium Mekanika Tanah, Labora-torium Ilmu Ukur Tanah, Labora-torium Jalan Raya dan Laboratorium Komputasi.

Laboratorium jalan raya digunakan untuk pengujian-pengujian berbagai bahan yang berkaitan dengan pembangunan Jalan Raya. Laboratorium ini menyelenggarakan kegiatan praktikum bagi mahasiswa, melayani uji bahan jalan dari instansi pemerintah maupun swasta, dan melayani penelitian dosen dan mahasiswa. Disamping itu laboratorium Jalan Raya juga menjalin kerjasama dengan instansi luar (pemerintah/swasta) dalam bidang penelitian, pendidikan, dan pengembangan teknologi jalan raya.

Alat yang tersedia antara lain :

  • Laboratory penetration test
  • Ductility of bituminous materials test
  • Centrifuge extractor test
  • Softening point test
  • Marshall test
  • Core drilling test
  • Los Angles Abrassion Machine
  • Spesific gravity of semi solid bituminous material
  • Flash and fire point by cleveland open cup

Laboratorium Instalasi Listrik

Skema : Perencanaan dan Pengawasan Instalasi Listrik Bangunan

Laboratorium memfasilitasi kegiatan praktikum instalasi listrik meliputi pemasangan KWH meter, MCB, saklar, stop kontak, lampu, photocell dan lainnya. Pelaksanaa praktikum ini tentu saja akan sangat membantu mahasiswa agar dapat memahami dan membuat atau memperbaiki instalasi listrik dirumah mereka yang sesuai dengan standar dan yang pastinya aman untuk digunakan.

Laboratorium Rekayasa Perangkat Lunak

Skema : Pemrograman

Laboratorium RPL atau lebih dikenal sebagai Lab RPL adalah salah satu Lab yang ada di Prodi Informatika, Fakutas Teknik & Sains Universitas Muhammadiyah Purwokerto (FTS-UMP). Lab RPL sendiri terletak di lantai 4 Gedung FTS-UMP memiliki kapasitas sebanyak 28 komputer dengan spesifikasi yang cukup mumpuni untuk meng-handle banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan. Hal ini dipertegas dengan dibenamkannya Prosessor Intel(R) Core(TM) i5-4460 CPU 3.20GHz atau Haswell, RAM Corsair Vengeance Dual Channel 8GB dan Graphic Card NVIDIA GeForce GTX-950 GDDR5 sebanyak 4GB. Dimana untuk Storage sendiri menggunakan Samsung Solid State Drive(SSD)EVO-850 250GB diimbangi dengan Power Supply Corsair RM750i yang sudah tersertifikasi 80PLUS GOLD membuat performa komputer semakin lugas untuk program “berat” seperti Android Studio, Matlab Production 2015 dan Microsoft Visual Studio.Lab inilah yang menjadi favorit mahasiswa dikarenakan proses booting hanya memerlukan waktu kurang dari 30 detik. Pemilihan komponen yang baik ini merupakan integritas dari Universitas untuk menunjang proses praktikum maupun perkuliahan di laboratorium agar dapat berjalan lancar & kondusif.